Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Impian

Oleh Kontributor SuratPlus - 02/05/2024

SuratPlus – Pendidikan di Indonesia sendiri memiliki beragam jenis beasiswa. Mulai dari beasiswa bidik misi dan juga yang lainnya. Beasiswa ini tentunya juga memiliki tujuan masing-masing. Meski kesempatan beasiswa ini banyak bertebaran, akan tetapi tetap membutuhkan usaha yang ekstra untuk bisa mendapatkan beasiswa impian. Oleh karena itu kita memang tidak bisa menganggap remeh cara mendapatkan beasiswa.

Cara Mendapatkan Beasiswa Mudah dan Cepat

Dengan biaya kuliah gratis pastinya akan lebih meringankan beban biaya pendidikan. Namun, beasiswa ini tak bisa secara langsung Anda dapatkan. Anda perlu menerapkan tata cara yang diberlakukan oleh penyedia beasiswa tersebut, seperti memenuhi beragam syarat dari lembaga pembuat beasiswa.

Cara memperoleh beasiswa ini bisa Anda terapkan jika Anda telah yakin memilih. Pasalnya, beasiswa itu pastinya ditujukan bagi peserta yang berprestasi. Setidaknya memiliki riwayat akademik yang menonjol. Meskipun demikian, ada pula beasiswa khusus bagi masyarakat yang tidak mampu.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa secara cepat dan mudah, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang SuratPlus sarankan untuk kamu coba.

1. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Jika keinginan Anda adalah berkuliah di luar negeri maka setidaknya Anda harus menguasai bahasa Inggris sebagai dasar untuk bisa berkomunikasi, minimal Anda punya skor 500 untuk TOEFL test. Dengan bisa berbahasa Inggris yang baik dan benar, bukan hanya beasiswa saja yang bisa Anda dapatkan, namun Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

2. Join Kampus Ikatan Dinas

Cara mendapatkan beasiswa kuliah lainnya ialah masuk dalam kampus ikatan dinas. Ada berbagai macam kampus seperti ini, yaitu; STIS, STSN, IPDN, dan juga STAN. Tak hanya gratis kuliah, Anda bakal mendapatkan peluang kerja atau kontrak dengan dinas terkait setelah Anda lulus.

3. Apply Beasiswa Bidik Misi

Pemerintah Indonesia telah menyediakan sejumlah beasiswa supaya Anda bisa kuliah secara free atau gratis yaitu dengan beasiswa Bidik Misi. Kendati ini merupakan program pemerintah, Anda wajib memenuhi kualifikasi sebagai peserta pilihan pemerintah. Jangan Anda anggap remeh hal tersebut, karena syarat serta ketentuannya juga berlaku. Namun, untuk beasiswa ini ditargetkan kepada mahasiswa yang kurang mampu.

4. Jangan Menyerah

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah, Anda wajib tahan banting. Sebab, memang jarang ditemukan sekali daftar bisa langsung lulus. Nah, di sinilah diperlukan mental Anda yang kuat dan pantang menyerah di satu kesempatan,  daftar terus sembari Anda meningkatkan skill yang Anda miliki.

5. Cari alternatif

Mengapa hal ini diperlukan? Tahu kan, Anda harus bisa memanfaatkan peluang dengan baik. Jangan hanya mendaftar di satu lowongan beasiswa saja. Coba cari alternatif lainnya sehingga Anda memiliki cadangan. Anda bisa mendapatkan alternatif ini dengan bertanya pada sejumlah alumni, kakak leting, teman, dan search secara online.

6. Mencuri Start

Mencuri start dalam artian secepat mungkin, sesegera mungkin. Di poin ini Anda harus bisa melakukan pendaftaran sedini mungkin. Pasalnya, kuantitas beasiswa biasanya sangat terbatas dan memang ditujukan untuk orang-orang pilihan. Oleh karena itu, segera lakukan pendaftaran agar penyedia beasiswa dengan cepat mempertimbangkan kualifikasi yang Anda miliki.

7. Menjuarai Perlombaan di Kampus yang Anda Tuju

Cara mendapatkan Beasiswa salah satunya ialah menjuarai lomba yang diselenggarakan di Universitas yang Anda tuju. Umumnya akan ada sejumlah kampus yang menawarkan sistem semacam ini. Cari informasi sebanyak mungkin, gunakan media internet untuk membantu Anda.

8. Gunakan surat permohonan beasiswa

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu mengajukan surat permohonan beasiswa kepada instansi atau penyelenggara beasiswa.

Bila Anda tidak mengetahui bagaimana format surat permohonan beasiswa yang baik dan benar, Anda bisa langsung menggunakan generator Surat dari SuratPlus. Berikut caranya:

Generator Surat Permohonan Beasiswa
  1. Buka link berikut: Surat permohonan beasiswa
  2. Login terlebih dahulu menggunakan akun Google, Facebook, atau email
  3. Isilah setiap kolom data yang dibutuhkan.
  4. Download suratnya.

Itulah beberapa cara cepat mendapatkan beasiswa kuliah yang bisa Anda coba untuk terapkan. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu yang sedang mencari beasiswa. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah dan share postingan ini kepada teman Anda.

WA Chat CS