Surat Permohonan Beasiswa: Pengertian Dan Contoh Format Surat

Oleh Kontributor SuratPlus - 06/05/2024

SuratPlus - Beasiswa gratis untuk anak kuliah adalah idaman bagi semua Mahasiswa. Siapa pun yang mendapatkannya pasti akan merasa bangga dan senang karena biaya kuliah dapat terbantu. Sebab zaman sekarang biaya kuliah memang cukup mahal dan menjadi beban tersendiri apalagi bagi orang yang kurang mampu dari segi ekonomi. Oleh karena itu kamu harus paham tentang surat permohonan beasiswa untuk mendapatkan beasiswa.

Pemerintah berusaha untuk memajukan pendidikan dengan cara memberikan beasiswa bagi mahasiswa-mahasiwa yang berprestasi. Namun program beasiswa yang gratis untuk anak kuliah ini pun tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Di luar sana, banyak perguruan tinggi, universitas, dan perusahaan yang sama-sama peduli akan pendidikan sehingga mereka juga membuat program beasiswa untuk mahasiswa.

Begitu pedulinya mereka akan kemajuan pendidikan di negeri ini maka hal ini patut kamu syukuri dengan cara belajar sunguh-sungguh. Buat mahasiswa yang belum memperoleh beasiswa baik dari pemerintah atau pihak lain jangan berputus asa. Kewajiban kamu hanya belajar dengan sebaik-baiknya maka di kemudian hari akan berkesempatan besar untuk mendapatkan program tersebut.

Pengertian Surat Permohonan Beasiswa Gratis

Surat permohonan beasiswa adalah surat yang berisi tentang segala sesuatu hal yang terkait dengan beasiswa yang ditujukan pada instansi, pemerintah, atau perusahaan.

Isi dari surat pengajuan tersebut harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa. Kamu harus mengirimkan semua persyaratan yang diperlukan dengan lengkap agar bisa memperoleh beasiswa tersebut.

Contoh Format Surat Permohonan Beasiswa Gratis

Sobat Plus Di bawah ini adalah contoh format surat yang bisa kamu ikuti untuk membuat surat permohonan beasiswa gratis. Namun, tentunya mengikuti format di bawah ini akan sangat tidak efektif dan membuang waktu. Kamu bisa membuat surat permohonan beasiswa dengan lebih mudah menggunakan generator SuratPlus, Klik Di Sini untuk membuatnya!

Jakarta, …

Nomor : 13/SPB/abc/xyz/2021

Lampiran : 5 halaman

Hal : permohonan beasiswa gratis untuk kuliah

Kepada : Yth

Kepala Universitas …

di

Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Tempat/tanggal lahir:

Semester :

Jurusan :

Fakults :

Alamat :

No. Telp :

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan surat permohonan beasiswa untuk kuliah tahap ke l bulan Februari sampai Agustus 2021. Untuk itu, turut saya lampirkan :

  • Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi bahwa saya sedang aktif mengikuti kuliah pada semester ganjil 20xx/20xx
  • Surat Keterangan bahwa saya tidak sedang menerima beasiswa dari Instansi atau Lembaga yang lain dari Perguruan Tinggi
  • Surat Keterangan bahwa saya tidak pernah melakukan perbuatan atau kegiatan yang melanggar tata tertib akademis dari Perguruan Tinggi
  • Struk gaji dari orang tua
  • Foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku dan sudah dilegalisir oleh instansi terkait
  • Foto copy rekening Bank

Demikian surat permohonan ini saya ajukan untuk bisa diterima. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Pemohon

(Nama Anda)

No. KTM

Website SuratPlus merupakan generator surat terlengkap dan terbaik di Indonesia. Jika kamu ingin membuat surat dengan lebih mudah kamu bisa langsung mengunjungi SuratPlus dan membuat surat secara gratis!

Nah Sobat Plus itulah pembahasan tentang pengertian surat permohonan beasiswa dan cara membuat suratnya. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak berupa komentar di bawah ya!

WA Chat CS